Rabu, 08 Oktober 2014

Harga Tiket Kereta Api Ekonomi Naik 1 Januari 2015

Kebijakan pemerintah untuk mengalihkan subsidi dari kereta ekonomi jarak jauh dan menengah dialihkan ke kereta api lokal dan commuter mulai berlaku 1 Januari 2015. Hal ini menyebabkan harga tiket kereta api jarak jauh dan menengah yang sebelumnya mendapat subsidi akan dihapus subsidinya. Mulai 1 Januari 2015 beberapa kereta api ekonomi akan mengalami kenaikan harga tiket.


Direktur Komersial PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero, Bambang Eko Martono mengatakan, pemberian subsidi akan lebih efektif bila disalurkan kepada pengguna KA lokal maupun commuter. Lantaran pengguna KA commuter merupakan pekerja atau pelaju dengan jumlah frekuensi yang masif.

PSO akan diprioritaskan untuk KA lokal dan commuter karena frekuensi masyarakat dalam menggunakan KA ekonomi jarak jauh lebih sedikit dibanding pengguna KA lokal dan commuter untuk beraktivitas sehari-hari" ucapnya, di Gedung Jakarta Railway Center Djuanda, Jakarta, Selasa (30/9/2014).(Dikutip dari : bisnis.liputan6.com)


Mulai Januari 2015 kereta api jarak jauh dan menengah diberlakukan tarrif tanpa subsidi. Namun juga berlaku tarrif parsial. Artinya seseorang yang bepergian dengan tujuan tertentu hanya membayar tarrif sesuai jarak.

Sebagai contoh KA Kertajaya. Untuk keberangkatan sebelum 1 Januari 2015, misalkan kita berangkat dari Pasar Senen mau turun dimana saja harganya sama yaitu Rp 50.000,-. Namun untuk keberangkatan setelah tanggal 1 Januari 2015 akan beda lagi. Kita ambil contoh kelas Ekonomi(S) yaitu kelas ekonomi dengan Sub Kelas S, sub kelas yang paling murah. Jika kita berangkat dari Pasar Senen turun di Cirebon Prujakan, harga tiket Rp 75.000,-, jika turun di Semarang Poncol Rp 100.000,- dan jika turun di Stasiun akhir yaitu Surabaya Pasarturi Rp 120.000,-.

Untuk melakukan pengecekan harga sesuai tanggal keberangkatan, sesuai stasiun awal dan sesuai stasiun tujuan sekaligus melakukan pemesanan tiket kereta api secara online sahabat-sahabat bisa langsung klik disini. Atau jika ingin mengetahui cara reservasi(pesan) tiket kereta api online, klik disini.

Untuk melihat daftar KA Ekonomi yang mengalami kenaikan Januari 2015 silahkan klik disini.

Kabar gembiranya, dengan adanya subsidi lagi dari pemerintah ditahun 2015, maka mulai 1 Maret 2015 akan diberlakukan lagi tarif subsidi untuk kereta api ekonomi.(Baca : Kereta Api Ekonomi Kembali Disubsidi Tahun 2015

Jadwal Perjalanan Kereta Api Tahun 2014
Eksekutif Bisnis Ekonomi

0 komentar:

Posting Komentar